Langsung ke konten utama

7 Buyung di keluarga

Dua hari ini saat sahur mama selalu bikin suasana jadi mencair. Yang awalnya tiga lelaki tampan (eh, kecuali papa) di rumah pada terlihat ngantuk dan setengah sadarkan diri, jadi ketawa ketiwi ngeliat mama cerita.

Mama bercerita saat jaman2 kecilnya sahur. Mama yang tinggal sama neneknya di daerah lubuk alung ketawa2 cekikikan menceritakan pengalamannya itu. Mama bercerita kalo saat mama kecil setiap pulang tarawih langsung dilanjutkan dengan sahur. Sholat tarawihnya juga 20 rakaat Plus witir 3 rakaat. Jadi totalnya 23 rakaat. Ngelaksanain sholat tarawihnya dua rakaat dua rakaat. Sampe sekarang sih masih kayak gitu. Makanya kalo pulang kampung jadi maleeeees banget buat ke mushola. Gila mak. Lama bengettt..

Di waktu mama kecil, selain tidak ada penerangan lampu, jam juga pastinya tidak ada. Jadi aja selesai sholat tarawih itu kalo dikira2 mama sekitar jam 12 an. Jam 12an langsung disuruh sahur sama nenek yang punya cucu banyaaak banget (lupa, berapa ya?? Sekitar 13 apa?hihi. Belum banyak ya??).

Mama cerita kalo jam segitu sering ada ayam iseng yang ga tahu karena kaget atau apalah, membuat ayam jadi berkokok. Dengan sangat sigap sang nenek menyuruh cucu2nya berhenti makan.
“Ayoo.... udah ga boleh makan lagi. Hentikan semua... ayo... pada tidur”, kenang mama..

Memang, segala sesuatunya kalo tidak dilandasi dengan ilmu akan membuat jadi sengsara dan menderita (ceila...sok tahu banget). Hehhe... Alhasil semua cucu2 nenek (mama bersaudara) menjadi kelaparan di siang harinya. Kalo diitung2 wajar juga sih, mama jadi menahan lapar lebih dari satu harian. Alias 18 jaman.ckckck...

Belum lagi saat mama menceritakan semua nama2 saudara laki2nya (kandung atopun tidak). Masing2 ada panggilan kesayangannya...
Nah ini nih, kalo mama nyeritain hal ini PasZti ga pake keraguan lagi. Mama akan tertawa dengan cekikikannya. Sangat lucu sekali mama menceritakan hal ini. Bukan lucu ceritanya. Tapi ngelihat mama yang tertawa tak henti2nya. Semua yang di meja makan ngeliatin mama sambil tersenyum bingung (apa senyuman ragu ya??hiihi), bukannya ketawa ngederin cerita mama, tapi malah ketawa ngeliat mama yang sampai segitunya mengingat kejadian2 itu.

Mata mama sampai terpejam2 dengan ketawa yang sedikit tertahan sambil megangin perut dan kepalanya juga sampe miring ke kanan karena saking ketawanya. Sampe2, si Ehan yang tadinya setengah sadar lagi makan, melirik ke aku. Meragukan... itu mama kita nggak?? Hihihi... sepertinya kejadian itu sangat lucu sekali bagi mama...
Berikut gelar2 pemberian keluarga kakek untuk anak laki2nya (panggilan sayang)...
Semua anak laki2 dipanggil buyuang (buyung), kalo perempuan dipanggil supiak (upik). Termasuk mama, panggilannya supiak banun.. (haha)...

7 buyung di keluarga Ibu:
Yuang kami (Yuang, singkatan dari buyuang)>> buyung kami
Yuang tikuih >> buyung tikus atau buyuang penikut (yang suka menikut ya)?
Yuang kutar (kurang taratik) >> buyung yang kurang tertib
Yuang malin >> buyung malin (gelar di minang)
Yuang abik >> opo iki? Gatahu artinya
Yuang gabuih >> buyung gabus kayaknya
Yuang ge ong >> naon eta? Ini juga kagak tahu

Nah, kalo mama lagi marah. Kita ngingetin nama2 ini aja. Langsung ketawa cekikikan. Wuah.. mantep juga nih, buat ngegodain mama kalo lagi marah.. hahahhaaa....^_^

Komentar

Favorit

RESONANSI JIWA... (*Cintailah Cinta”)

“Memang menyakitkan ketika Kita mencintai seseorang, namun Ia tidak membalasnya. Tetapi yang lebih menyakitkan adalah ketika Kita mencintai seseorang dan Kita tidak pernah dapat menumbuhkan keberanian untuk mengungkapkan perasaan Kita padanya. “***

Usai ngobrol dengan salah seorang teman yang bertanya kira-kira seperti ini, “ Apa ya kira-kira yang akan terjadi dengan kehidupan kita 10 tahun kedepan??? “Hm... lucu juga kalo kita bisa mengingat kembali masa-masa lalu yang telah di lewati. Putih, hitam, terang dan gelapnya hidup kita mewarnai setiap langkah manusia. Jadi ingat satu kata dari orang tua... “Nak ... hidup ini yaa... dijalani ajah. Jangan dipikirkan bagaimana n seperti apa kita nanti... Yang jelas kita berjuang dalam kehidupan... “ Merdekaaa... hehe(just kid) ^_*Lalu, memory otak kembali berputar, ingat kejadian saat-saat kuliah, terkesan dengan salah seorang pembicara dalam sebuah training motivasi. Pembicara tersebut menyampaikan cara dia menjalani hidup yang memang kita t…

Review Dokter di Hermina Bekasi

Nah,  kali ini sempet2in mo nulis pengalaman semalam ke hermina.  Meski udah lama banget pengen tulisin satu2 dokter yg pernah ditemui di hermina.  So far,  hampir sebagian besar saya cocok sm dokter2 yang ada di RS ini.  Meskipun Hermina sekarang udah gak kayak RS dulu yang rasanya lebih nyaman dr segi fasilitas.  Karena sejak berubah jd RS umum,  pelayanannya sepertinya sedikit menurun. Namun,  saya gak bahas soal itu.  Tapi bahas soal dokter aja deh.. Hehe.. Kalo soal dokter bagus nggak bagus sih relatif,  karena dokter itu cocok2an menurut saya.  Gak harus dokter yang bayarannya mahal itu selalu bagus,  n sebaliknya.  Yg penting kita cocok n nyaman sama dokternya,  udah gitu aja, pasti berikut2nya bakalan balik lagi sm dokter itu.  Semoga setelah dibikin review beberapa dokter berikut,  bisa membuat saya tetap mengingat jasa2 mereka...
Pertama,  dokter marly susanti. dokter kandungan. Dokter yang lewat dia saya akhirnya hamil n alhamdulillah lancar sampe lahiran. Keguguran 2x n …

Hikmah dari sebuah Bunga (cara menumbuhkan kembali bunga yang mati)

Setiap cewe pasti pengen rumahnya tampak indah dengan bunga-bunga. Begitu juga saya. Alhamdulillah akhirnya bisa nyicil rumah. Salut tak terhingga sama suami. Yang jelas kalo keinginan dan usaha kita kuat, insyaAllah pasti ada jalan :). 
Sampelah akhirnya pindah ke rumah baru. Sekitar bulan juli 2012. Inget banget saat itu lagi puasa. Dan  harus bolak balik rumah kontrakan dan rumah baru tuk mindahin barang-barang. Gak kebayang lelahnya. Tapi, alhamdulillah terbayarkan dengan leganya bisa punya rumah dan langsung tidur disana malam itu setelah pasang AC. Jadi inget, saya harus makan buat ama suami, satu bungkus nasi buat berdua. Karena ternyata beli nasinya kurang. Tukang AC nya ada 2 orang ternyata. Ditambah sama adik ipar, akhirnya kurang satu. Jadi deh, makan nasi berdua suami. So sweet banget, tapi masih laper.. Haha...
Tinggal dirumah baru pastinya harus benah-benah n rapi-rapi dulu. Setelah selesai beres-beres, ngerasa ada yang kurang. Yaitu tanaman. Untuk mempercantik dan memperi…